top of page
  • Gambar penulisIndah Utami

PNJ Garap Produksi Video Bahan Ajar 8 Bidang Direktorat Kursus dan Pelatihan


Ilustrasi virtual online meeting.

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) adakan meeting online mengenai persiapan shooting video bahan ajar dari Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat) pada Jumat (6/11/2020) pukul 10.30 WIB. Dihadiri 32 mahasiswa dan juga petinggi PNJ, meeting tersebut membahas kelanjutan dari acara Finalisasi Naskah Bahan Ajar Audio Visual yang telah dilaksanakan pada 23 – 25 Oktober 2020 di Hotel Amaroossa Royal Bogor.


Setelah pindah tangan menjadi perguruan tinggi naungan Direktorat Jendral Pendidikan (Ditjen) Vokasi, kerja sama PNJ dengan Ditsuslat mulai dari Finalisasi Naskah, kini berlanjut ketahap produksi.


Demi memenuhi target 100 video dari 8 bidang keterampilan dalam satu bulan. Pihak PNJ menambah 16 mahasiswa dengan komposisi yang sama seperti saat Finalisasi Naskah, yaitu 8 mahasiswa Semester 5 dari program studi Penerbitan (Jurnalistik), Teknik Grafika Penerbitan (TGP) dan 8 mahasiswa Semester 7 dari TIK (Teknik Informatika dan Komputer).


Dengan total 32 mahasiswa, maka satu bidang terdapat 4 orang yang akan membantu pelaksanaan shooting video bahan ajar. 8 bidang keterampilan tersebut adalah Tata Boga, Tata Busana, Teknik Sepeda Motor, Teknik Kendaraan Ringan (Mobil), Baby Sitter, Spa, Tata Kecantikan Rambut, dan Tata Kecantikan Kulit.


Namun, waktu yang singkat dan bentrok menjadi salah satu kendala bagi mahasiswa yang akan melaksanakan ujian tengah semester dan ujian akhir semester pada 9 – 13 November 2020. Walaupun pihak PNJ sudah menegaskan dan menyusun ulang jadwal shooting video bahan ajar. Tampaknya jadwal masing-masing LSP juga tidak bisa dipungkiri padatnya, sehingga menyebabkan beberapa mahasiswa akan melaksanakan ujian ditengah proses shooting nanti karena enggan mengambil ujian susulan.


Kemudian, perlengkapan shooting juga disediakan oleh pihak PNJ dengan menyewa pada rental kamera untuk mendapatkan spesifikasi kamera yang sama agar tidak terjadi perbedaan frame maupun warna pada video.



Hasil akhir video bahan ajar nantinya seperti tutorial-tutorial yang marak di YouTube. Akan tetapi, yang membedakan video tutorial naungan Dirjen Vokasi dengan lainnya, yaitu isi tutorial dibawakan oleh para ahli dibidangnya.


Sekitar 30 asesor, guru kursus dan para ahli di 8 bidang keterampilan tersebut menulis naskah/skenario video bahan ajar dibawah pelatihan Nestor Rico Tambun, salah satu dosen program studi Penerbitan (Jurnalistik), TGP, PNJ.


Pada saat finalisasi naskah, mahasiswa didampingi oleh Haolia Rahman dari Direktorat PNJ, Mohammad Fauzy selaku Sekertariat Jurusan TGP, serta Nestor Rico Tambun.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page