top of page
  • Gambar penulisIndah Utami

Spot Foto Instagramable ala Anak Teknik di Kampus PNJ


Gedung dengan warna dominan kuning ini merupakan salah satu gedung yang dimiliki jurusan Teknik Mesin khusus untuk mahasiswa program studi Alat Berat.
Gedung Alat Berat, PNJ.

Siapa sih yang tak tahu dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ)? Yup, PNJ dulu lebih dikenal dengan nama Politeknik Universitas Indonesia. Didirikan 20 September 1982, sejak 25 Agustus 1998 menjadi mandiri dengan nama Politeknik Negeri Jakarta berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor: 207/O/1998.


Memiliki 7 jurusan, yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Informatika dan Komputer (TIK), Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP), Akuntansi, dan Administrasi Niaga. Tentunya dengan 7 jurusan di satu wilayah kampus akan terasa padat. Namun, seiring berjalannya waktu. Fasilitas sarana dan prasarana di PNJ pun turut dipercantik lagi.


Dilansir dari Instagram GEMA PNJ, ada 5 tempat foto (spot instagramable) di lingkungan PNJ, Kampus Baru UI, Beji, Depok.


1. Gedung Alat Berat (ALBER)


Gedung dengan warna dindingnya dominan kuning merupakan salah satu gedung yang dimiliki oleh jurusan Teknik Mesin khusus untuk mahasiswa program studi Alat Berat. Biasanya mahasiswa menggunakan halaman gedung tersebut untuk berfoto karena sangat instagramable.


Spot yang sering  dijadikan latar belakang foto adalah rolling door dengan warna dasar kuning cerah. Sensasi layaknya di dalam studio  yang telah diatur pencahayaannya membuat mahasiswa menyukai tempat ini.


Foto: Instagram @bagassatyadi













Tidak hanya itu, latar belakang dengan lukisan mesin-mesin alat berat juga kerap digunakan untuk menunjukkan identitas tempat tersebut. Bahkan, terkadang mereka menggunakan mesin alat berat sebagai properti dalam foto. Hasilnya pun tak kalah bagusnya dengan tempat - tempat instagramable mewah diberbagai kota.


2. Barnaby (Fotokopi PMW)

Meskipun fungsinya sebagai tempat fotokopi, tapi ada yang unik nih karena dindingnya dilukis dan dihiasi lampu sehingga cocok untuk jadi spot foto.


3. Landmark PNJ

Foto: Facebook Page Politeknik Negeri Jakarta

Tempat ikonik PNJ yang sering dijadikan titik kumpul, bisa dibilang spot foto yang menyatakan identitas mahasiswa PNJ itu sendiri.



4. Tangga TGP

Dokumentasi pribadi.

Bukan hanya tangga biasa, tangga di Gedung Z ini terdapat lukisan mural yang berbeda disetiap tingkatnya. Lukisan tersebut merupakan hasil kreasi mahasiswa TGP.



5. Workshop Sipil

Foto: Instagram @stfns_04

Selain pagar besi berwarna merah dan bercelah, di Workshop Sipil juga ada tumpukan beton yang bisa dijadikan spot foto yang seru banget, lho.


Nah, itu dia 5 spot instagramable versi GEMA PNJ. Namun, masih banyak lagi spot foto lainnya yang bakal bikin kamu betah berlama-lama di kampus PNJ.



6. Perpustakaan PNJ

Foto : Instagram @BEMPNJ

Perpustakaan yang sudah dibangun sejak 2013 ini didesain dengan luas 5.650 m2. Memiliki empat lantai, perpustakaan PNJ juga dilengkapi dengan lift. Lantai dasar digunakan sebagai ruang perkantoran, lantai satu dan dua digunakan sebagai perpustakaan PNJ dan ruang multimedia yang masing-masing komputernya telah terkoneksi dengan jaringan WiFi, sedangkan lantai 3 digunakan sebagai ruang olahraga indoor.



7. Bengkel Cetak Sablon TGP

Dokumentasi pribadi.

TGP memang terkenal dengan lukisan mural di setiap tangganya, bahkan hingga tempat cetak sablon juga dihiasi dengan perjalanan sejarah cetak offset. Berlatar dinding berwarna hitam dan garis berwarna putih yang menunjukkan sejarah cetak offset, ditambah lampu sebagai penerang tahun sejarah cetak offset, membuat nuansa ruangan cetak sablon jadi sangat instagramable.


8. Halaman Samping Masjid Daim PNJ

Foto: Instagram @novitaamn

Lingkungan kampus PNJ memang dikelilingi banyak pepohonan, sehingga tempatnya pun asri dan sejuk. Beberapa sisa pepohonan yang ada di samping halaman Masjid Daim PNJ juga jadi salah satu spot instagramable favorit mahasiswa lho.



9. Lorong dan Pendopo Teknik Mesin

Foto: Instagram @novitaamn

Mulai dari Gedung Teknik Mesin dan Sipil, terdapat pendopo dan lorong panjang yang terhubung ke beberapa jurusan, antara lain Teknik Mesin, TIK, dan Teknik Sipil. Lorong tersebut juga sebagai salah satu jalan menuju Kantin Teknik (tempat makan terbesar dari 3 kantin yang ada di PNJ) dan Red House PNJ.


Biasanya mahasiswa kalau lorong lagi sepi ataupun setelah ada acara komunitas yang letaknya dekat situ, pasti foto bersama di sana.



10. Red House PNJ

Foto: Instagram @novitaamn

Red House PNJ merupakan sebuah gedung yang keseluruhannya dibangun dengan bata merah, karena itu lah dinamakan "Red House". Biasanya Red House menjadi tempat berkumpul atau basecamp beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang ada di PNJ. Salah satunya adalah Pankreas yang merupakan UKM Kesenian. Tiap tahunnya, Pankreas selalu mengadakan perekrutan anggota baru dan Red House menjadi tempat latihan. Pankreas sendiri terbagi menjadi 4 divisi, yaitu fotografi, tari, paduan suara, dan band.


Banyak sekali bukan spot instagramable di lingkungan kampus PNJ? Mana nih spot favoritmu?

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page